Press Release

Tindakan Kekerasan Pesepakbola kepada Wasit Liga 3

Jakarta, 28 Desember 2021 — Terhadap tindakan penyerangan terhadap wasit yang kerap terjadi belakangan ini pada kompetisi Liga 3, dan yang terbaru yakni yang dilakukan oleh 6 pesepakbola dari Klub PS Nene Mallomo Sidrap pada saat pertandingan Final Liga 3 Sulawesi Selatan melawan Klub Gasma Enrekenang pada 24 Desember 2021, yang berujung dengan  adanya proses hukum yang melibatkan pihak Kepolisian, melalui siaran rilis ini, berikut adalah 5 poin statement yang APPI berikan: 

  1. APPI mengecam keras dan tidak membenarkan sama sekali adanya kekerasan terhadap wasit dengan alasan apapun.
  2. APPI mengharapkan adanya hukuman yang seadil-adilnya bagi para pesepakbola yang terlibat dalam insiden pemukulan dengan melalui Hukuman Sepakbola (melalui Komisi Disiplin PSSI dan/ Komisi Disiplin Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.
  3. Adapun jika diperlukan kehadiran negara dalam pemberian hukuman di ranah Sepakbola, diperlukan adanya kesepakatan bersama antara seluruh stakeholder sepakbola Indonesia, yakni Kemenpora, PSSI, PT LIB, Kepolisian Republik Indonesia dan APPI sebagai satu-satunya wadah pesepakbola profesional di Indonesia. Hal ini selaras dengan regulasi yang ditetapkan oleh FIFA bahwa Negara dapat hadir untuk turut campur dalam ranah sepakbola namun dengan pembatasan dan kesepakatan seluruh pihak terkait. 
  4. APPI senantiasa proaktif menjalin komunikasi dengan para stakeholder tersebut di atas untuk membahas permasalahan ini agar kedepannya ada hukuman yg jelas, tegas, efektif yang tentunya mengusung keadilan bagi seluruh pelaku yang terlibat. 
  5. APPI mengharapkan peran serta aktif dari para stakeholder Sepakbola Indonesia lainnya karena tentunya APPI tidak dapat bekerja sendiri dalam mengatasi permasalahan ini. 

 

Untuk pertanyaan dan informasi media lebih lanjut dapat menghubungi 081210104215 atau info.appi@yahoo.co.id

 

Tentang APPI

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) terbentuk sejak tahun 2008. Visi-Misi dari APPI adalah untuk memberikan proteksi dan edukasi kepada pesepakbola profesional Indonesia serta menjalin solidaritas antar pesepakbola. APPI merupakan anggota kunci dari FIFPRO dimana FIFPRO ialah satu-satu nya Asosiasi Pesepakbola Dunia yang diakui oleh FIFA. Selain sebagai anggota FIFPRO, APPI juga telah terdaftar sebagai organisasi perkumpulan dan telah disahkan dalam bentuk SK Kemenkumham.

www.appi-online.com

 

NEWS AND UPDATES

Safety For All

Jakarta, 29 Juni 2022 —  Sepakbola adalah olahraga yang dicintai oleh semua penikmatnya, baik oleh …

Read More