News

KESEPAKATAN FIFPRO DAN BWI MEMBANTU PEMBERDAYAAN PEMAIN SEPAKBOLA UNTUK MENDUKUNG PEKERJA DI NEGARA HOST PIALA DUNIA

sumber artikel: https://fifpro.org/en/community/fifpro-and-bwi-sign-cooperation-giving-platform-for-footballers-to-support-workers-in-host-countries-like-qatar

FIFPRO dan Building and Woodworkers International (BWI) telah menandatangani perjanjian kerja sama yang akan memberikan platform bagi para pesepakbola profesional yang peduli dengan hak asasi manusia untuk mendukung hak-hak pekerja yang rentan sebelum, selama dan setelah Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Melalui kesepakatan tersebut, perwakilan internasional pesepakbola profesional, bersatu dengan serikat pekerja konstruksi global, yang berkampanye atas nama pekerja migran di Qatar. Perjanjian tersebut menetapkan kerangka kerja untuk mendorong perlindungan dan kemajuan hak-hak kerja di dalam dan di sekitar sepak bola, dan mengejar kebijakan yang berkelanjutan dan bertahan lama untuk turnamen internasional. Hal ini akan membantu para pesepakbola untuk terlibat langsung dalam mendukung hak-hak pekerja di Qatar dan di negara-negara lain yang dipilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola besar.

Kerja sama untuk tiga tahun ini bertujuan untuk menjamin pekerjaan yang layak dan adil di negara Teluk tersebut, yang memiliki sebanyak 2 juta pekerja migran, banyak diantaranya dari Asia Tenggara dan Afrika. FIFPRO bergabung dengan BWI dalam upaya memastikan karyawan memiliki hak untuk bebas berpindah antar pekerjaan dan mendapatkan manfaat dari arbitrase yang adil dalam perselisihan ketenagakerjaan. Mereka juga bertujuan untuk mengabadikan hak-hak baru untuk berunding secara kolektif dan memastikan bahwa tenaga kerja migran memiliki kehidupan kerja yang bebas dari diskriminasi.

Kerjasama antara FIFPRO dan BWI diumumkan saat BWI merilis Dribble or Goal? Tracking the Score for Decent Work Legacy in Qatar, sebuah laporan yang membuat 12 rekomendasi untuk warisan pekerjaan dari Piala Dunia FIFA 2022.

Jonas Baer Hoffmann, Sekretaris Jenderal FIFPRO, mengatakan: “Sepak bola profesional memiliki kewajiban untuk menegakkan prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan di seluruh permainan: ini termasuk melindungi hak asasi manusia di dalam dan di sekitar turnamen dan meninggalkan warisan sosial dari kompetisi besar. Kami bangga menjadi perwakilan dari pesepakbola profesional pada saat mereka telah menjadi advokat vokal pada isu-isu hak asasi manusia. Melalui kerjasama dengan BWI ini kita dapat menyalurkan suara dan tindakan mereka untuk mengejar perubahan sosial yang lebih positif. Jangan lupa bahwa, sementara pesepakbola tidak memiliki suara dalam keputusan untuk memilih negara tuan rumah turnamen, mereka pasti menjadi wajah dari peristiwa tersebut ketika mereka berlari ke lapangan untuk bersaing. Mereka merasa bertanggung jawab untuk mendorong hak asasi manusia di negara-negara itu.”

Ambet Yuson, Sekretaris Jenderal BWI, mengatakan, “Pekerja konstruksi dan pekerja migran di seluruh dunia sering berada dalam posisi rentan. BWI telah berkampanye untuk menghormati hak dan kondisi kerja yang baik di acara olahraga global selama lebih dari satu dekade. Kedua prioritas ini datang bersama di Qatar di mana hampir semua pekerja konstruksi adalah migran. Kemitraan unik dengan para pesepakbola ini merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan kolektif kami untuk pekerjaan yang layak bagi semua orang di Qatar, dan di mana pun di dunia seputar acara olahraga besar. Kompetisi besar memiliki potensi untuk berdampak pada isu-isu yang melampaui olahraga dan mempengaruhi masyarakat dan komunitas lokal. Pekerja dan pemain yang bersatu dalam nilai-nilai bersama dapat mencapai tujuan bersama dan mempertahankan warisan pekerjaan layak yang membawa perubahan nyata dalam kehidupan pekerja migran di Qatar menuju 2022 dan seterusnya. Bagi BWI, tenaga kerja adalah bagian dari tim.”

Tim Sparv, kapten tim nasional Finlandia dan anggota Dewan Pemain Global FIFPRO, mengatakan: “Sebagai pemain yang membuat pertandingan, kami memiliki pengaruh yang terus berkembang di komunitas tempat kami bermain. Sepak bola berada dalam posisi unik untuk menyatukan orang-orang guna membantu mengatasi beberapa tantangan terbesar masyarakat kita. Kerja sama antara pemain dan pekerja migran ini adalah titik awal untuk membantu meningkatkan tatanan sosial permainan dan meninggalkan hasil positif bagi pekerja lain yang dapat mengambil manfaat dari warisan sepakbola.”

 

Hits: 0

NEWS AND UPDATES