News

APPI Ikuti Pelatihan Penanganan Kasus Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Atlet Profesional

APPI Ikuti Pelatihan Penanganan Kasus Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Atlet Profesional

 Jakarta – APPI yang diwakili oleh Mohamad Hardika Aji selaku Sekretaris Jenderal APPI mengikuti Workshop Online mengenai Penanganan Terhadap Kasus Kekerasan / Pelecehan yang diselenggarakan pada hari Senin – Rabu (29-31 Maret 2021). Pembicara dalam workshop ini ialah Kat Craig, Seorang Pengacara Hak Asasi Manusia dan CEO Athlead @athlead_uk, sebuah NGO Internasional yang memberikan advokasi dan konsultasi kepada atlet profesional tehadap isu-isu sosial kemasyarakatan.

Dalam workshop tersebut Kat Craig menjelaskan tipe-tipe kekerasan/pelecehan apa saja yang sering dialami oleh atlet. Yaitu kekerasan fisik, pelecehan seksual, kekerasan psikologis, hingga sikap acuh terhadap para atlet.

Jonas Baer-Hoffman, Sekretaris Jenderal FIFPRO dalam wawancara dengan PA Media yang dilansir oleh yahoo news https://news.yahoo.com/football-continues-attract-abusers-says-161217448.html mengatakan kasus besar yang sedang ditangani saat ini terjadi di Afghanistan dan Haiti. Di kedua negara tersebut pelecehan dilakukan oleh Pejabat Federasi terhadao para pemain wanita nya.

Kesimpulan dari workshop ini ialah Kekerasan/pelecehan bukan lah isu lampau, atau hal ini dapat terjadi dimanapun dan kapanpun saat ini, terlebih dalam dunia olahraga hal ini juga dapat terjadi. Kedua, ialah fokus terhadap para korban, yakni penanganan para korban bukan perspektif dari sudut pandang kelembagaan atau aturan hukum saja.

Dalam workshop ini juga diberikan masukan mengenai cara menangani korban jika suatu saat mendapat laporan terhadap kekerasan atau pelecehan tersebut, “Kat Craig juga memberikan advise serta masukan secara psikologis apa-apa saja yang dapat dan jangan kita lakukan atau kita tanyakan terhadap korban, yang tujuan nya membuat kepercayaan korban dapat pulih kembali”, Mohamad Hardika Aji, Sekretaris Jenderal APPI.

Hits: 0

NEWS AND UPDATES