News

Kisruh di Tim Nasional Denmark

Oleh : Rahmat Rizal

Editor : M. Hardika Aji

 

Timnas Denmark terpaksa harus menggunakan pemain dari Divisi liga 2 dan beberapa pemain futsal saat bertandang menghadapi Slovakia pada pertandingan uji coba internasional, Rabu (5/9) kemarin.

Masalah ini terjadi karena federasi sepakbola Denmark (DBU) dan asosiasi pesepakbola profesional Denmark(Spillerforeningen), tak mencapai kesepakatan soal hak komersial. DBU belum menemukan solusi terkait kontrak sederet pemain reguler menyangkut hak-hak yang harus dipenuhi. Hak-hak tersebut mencakup perjanjian sponsor individu dengan perusahaan pesaing  yang mensponsori timnas Denmark. DBU menolak tawaran pemain untuk memperpanjang kontrak lama. Mereka lantas memutuskan menunda negosiasi hingga dua pertandingan internasional ke depan, yang berlangsung awal September ini.

Kapten Timnas Denmark, Christian Eriksen meminta DBU agar dapat memperpanjang kontrak lama untuk sementara. “ Pemain masih terus mencoba, kami ingin bermain.  Ayo kita lanjutkan. Kami kembali menawarkan perpanjangan sementara dari kontrak lama, dan kemudian kami akan ke Slovakia hari ini. Semua orang, seluruh tim Nasional. Bersama-sama kita membuat kesepakatan itu, dan bersama-sama kita menyelamatkan wajah sepakbola Denmark. Kami ada di sini, dan akan bermain sepakbola untuk Denmark  seperti biasa”, kata Christian Eriksen.

FIFPro sebagai induk organisasi pesepakbola profesional dunia, mendukung penuh apa yang telah dilakukan oleh pemain Denmark dan Spillerforeningen. “Para pemain tim nasional Denmark memiliki dukungan penuh dari kami,” kata Sekretaris Jenderal FIFPro Theo Van Seggelen. “Kami sangat mendukung usulan dari mereka tentang perpanjangan sementara dari kontrak lama untuk dapat mendapatkan hal yang terbaik ke depannya.”

Sampai berita ini dibuat, DBU dan Spillerforeningen masih belum mencapai kesepakatan. Denmark dijadwalkan akan berlaga pada fase group UEFA Nations League hari Minggu (9/9) melawan Wales di Ceres Park, Aarhus. Semoga sebelum pertandingan tersebut, DBU dan Spillerforeningen secepatnya mencapai kata sepakat, dan Denmark bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya.

Sumber:

https://www.facebook.com/Spillerforeningen

https://www.fifpro.org/news/fifpro-statement-denmark-national-team/en/

NEWS AND UPDATES

Mind The Gap

“Ketika seorang atlet sepakbola berusia 20 tahun, mereka bisa melakukan apa saja dalam sepakbola, namun …

Read More