News

Aksi para Pesepakbola Spanyol

Oleh:

M. Hardika Aji (APPI Secretary General)

Beberapa minggu lalu sepakbola Spanyol sedang dihebohkan oleh kebijakan yang diambil operator liga mereka. Liga Spanyol membuat sebuah keputusan yang penting yang memiliki pengaruh besar terhadap para pesepakbola namun mereka mengabaikan untuk mengikutsertakan suara pesepakbola nya dalam membuat keputusan penting ini.

Akan hal ini FIFPro mendukung penuh terhadap para pesepakbola Spanyol di liga teratas tersebut untuk mengambil suatu sikap dan tindakan atas kebijakan yang dibuat oleh Liga mereka. FIFPro menganggap suatu hal yang tidak dapat diterima dalam mengambil kebijakan yang penting namun tidak mengikutsertakan dan berkonsultasi dengan para pesepakbola nya.

Para pesepakbola yang diwakili oleh para kapten dari 14 tim, termasuk Real Madrid yang diwakili oleh Sergio Ramos dan Barcelona yang diwakili oleh Sergio Busquets berkumpul pada hari Rabu ( 22/8) untuk membahas masalah ini. Kebijakan yang dibuat oleh Liga Spanyol ialah memainkan pertandingan di atas jam 10 malam serta pertandingan liga yang dimainkan di Amerika Serikat yang telah memiliki kontrak hingga 15 tahun.

Memainkan pertandingan di atas pukul 10 malam serta memainkan pertandingan di Amerika Serikat merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi kesehatan seorang pesepakbola di tengah padatnya kalender pertandingan. Dan lucunya hal ini tidak dikonsuktasikan terlebih dahulu dengan AFE selaku wadah asosiasi pesepakbola profesional Spanyol.

Akan hal ini para pesepakbola Spanyol berkeinginan untuk adanya penyelesaian masalah ini, namun jika nantinya kesepakatan tidak tercapai, mereka akan mengambil sebuah sikap untuk menentang kebijakan ini.

Menurut David Aganzo, Presiden AFE, para kapten sangat marah atas kebijakan sepihak ini, pihak Liga tidak memberikan informasi apapun, dan hal ini bukan pertama kali nya Liga mengambil suatu keputusan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pesepakbola Spanyol.

Berikut 25 pesepakbola Spanyol yang hadir dalam pertemuan tersebut bertempat di Kantor AFE:

Juanfran dan Koke (Atletico Madrid)

Sergio Busquets dan Sergi Roberto (Barcelona FC)

Joaquín Sánchez (Real Betis)

Leo Baptistao (Espanyol)

Jorge Molina dan Markel Bergara (Getafe)

Juanjo Camacho (Huesca)

Jon Ander Serantes, Unai Bustinza dan Rubén Pérez (Leganes)

Pedro López dan José Luis Morales (Levante)

Alberto García dan Adrián Embarba (Rayo Vallecano)

Sergio Ramos dan Nacho Fernández (Real Madrid)

Asier Illarramendi (Real Sociedad)

José Luis Gayà dan Jaume Doménech (Valencia)

Borja Fernández dan Javi Moyano (Valladolid)

Bruno Soriano dan Jaume Costa (Villarreal)

Sumber:

https://www.fifpro.org/news/fifpro-supports-ignored-spanish-players/en/

http://www.afe-futbol.com/web/noticia-detalle/3672

 

NEWS AND UPDATES

Mind The Gap

“Ketika seorang atlet sepakbola berusia 20 tahun, mereka bisa melakukan apa saja dalam sepakbola, namun …

Read More